Wednesday 25 November 2009

Tak Bawa SIM, Ancaman Denda 1 Juta

Hai sob ... nie ada info bagi para sobat pengguna kendaraan bermotor. Kalian harus lebih memperhatikan kelengkapan kendaraan kalian serta mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku kalau tidak ingin kena semprit Polantas dan di kasih sepucuk surat yang bisa buat kepala kamu kliyengan hehehe...( Surat TILANG maksudnya) karena urusannya bisa panjang dan sangat merepotkan apalagi sekarang sanksinya lebih berat sob dari yang dulu. Banyangin aja jika kalian tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa didenda hingga Rp 1 juta. (Walah....cicilan motor kreditan gw aja kagak sampe' segitu hehehehe.....).

Penetapan denda itu berdasarkan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Umum Pasal 281 yang berisi "Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta". (Nah...loch....dari pada uang terbuang buat bayar denda mending buat keperluan lain yang lebih bermanfaat ya nggak sob? hehehe.....)

Sejumlah pasal lain yang mengatur ketentuan berlalu lintas memberikan denda yang tidak sedikit. Dalam UU baru tersebut, sanksi denda minimal Rp 250 ribu dikenakan kepada setiap pelanggar. Berikut sejumlah sanksi denda dalam UU yang baru disahkan 22 Juni lalu.

1. Pasal 278, setiap pengendara mobil yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 278).

2. Pasal 288, setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

3. Pasal 288 ayat (2), setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tidak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

4. Pasal 285 ayat (1), setiap pengendara sepeda motor yang tidak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

5. Pasal 285 ayat (2), setiap pengendara mobil yang tak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

6. Pasal 287 ayat (1), setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

7. Pasal 287 ayat (5), setiap pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

8. Pasal 288 ayat (1), setiap pengendara yang tidak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

9. Pasal 289, setiap pengemudi atau penumpang yang duduk di samping pengemudi mobil tidak mengenakan sabuk keselamatan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

10.Pasal 294, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang akan berbelok atau berbalik arah tanpa memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan penjara atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Oleh karena itu sob kita sebagai warganegara atau pengguna jalan yang baik, sudah seharusnya kita mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Peraturan itu di buat bukan untuk dilanggar, jadi kalau kalian melanggar ya tanggung sendiri akibatnya.

Semoga bermanfaat..........






Sumber : detik.com

29 comments:

kalau begitu ... buat sim aja ... lebih murah ,,,

Dikurung ya??
Wadduh,,gak mau ach! :-(
Di sana kan ga ada komputer, ga bs blog walking deh, hehe

Tnx infonya

wadoh ngeri juga yah kalo kupa bawa sim. trims infonya.

Untung saya punya SIM .... heeee...eeee ..

Kalau sudah begini,mari kita buat SIM hehehe, oya sekalian mendisiplin kan diri dan tidak memperkaya polisi,memperkaya polisi dalam artian kita sebagai pengendara perlu punya SIM sehingga g ditilang ujung2 nya nyuap polisi..

nice infonya rin
daripada uang d kasih pak polisi mendingan buat makan bebek goreng aj rin kenyang habis, wkwkwkwkwkwk

paling awal2nya ajha..'
ujung-ujungnya yah kembali seperti semula,hehe

Wach gila bener ma peraturannya untungnya pa2sdh punya SIM jadi uangnya enakan buat makan aja wekekek...:D

Btw nice info sayanx dan terus semangat,muuuaaaccchhh...:D

sip...biar makin tertib negara Indonesia.
kalau disini, denda pelanggaran lalu lintas selangit deh....

ayo...tertib hukum...
buat diri kita sendiri juga...

Biar tertibnya setiap saat, jangan hanya pas ada police heeee....

tips kalo ketangkep polisi, trus kitanya ga bawa sim...

1. kasih tampang memelas,,, sebisa mungkin muka kita harus kayak orang belum makan 3 hari... dijamin pak polisi bakal iba,,, kalo rejeki bagus kita bisa ditraktir di warung nasi deket tempat razia...

2. sok-sok orang jadi orang daerah, ni pernah kejadian sama gw,,, pas ketangkep polisi di daerah tugu tani monas, gw di berentiin, trus gw sok ngomong jawa+ga isa bahasa indonesia... Lolos cuuyyy...

3. sok-sok nyasar,

4. sok akrab sama pak polisi... misal kita ditangkep, pas turun dari mobil/motor langsung aja kita ajak pak polisi toss, sambil kasih salam, "eh apa kabar coy..."... pasti lo didenda 2 kali lipat... hehehe

5. sok-sok punya kenalan/sodara polisi... nah yang ini gw ga anjurin, soalnya kalo ketauan bo ong bisa panjang urusannya...

moga-moga tips dari gw bisa berguna untuk sobat blogger semua...

nih ada sedikit pengalaman gw sama razia, silakan dibaca...

http://abangaffan.blogspot.com/2009/03/aku-dan-ompol.html

maap rin, jadi promosi... hohohoho

mudah2an SIM ku ga pnh ketinggalan... hehehe

kasih 50 ribu, tutup nulut itu orang.. hahahah!

Eittzz...

tenang2...

SIM selalu melekat erat dengan dompetku,hehe...

duch... padahal ais gpnh bwa sim..
( y ea lah..wong lom pnya sim )

gmn ne?

Kunjungan lagi nich, mo liat udah berapa yang kena tilang gara-gara gak punya SIM heee...heeee

wawawaaa...
kLo gitu mending bwat SIM dech...
kan lbih enteng .,

hahah nice info...

enak yah jadi polisi.. jadi polisi aja yuk..hahahahaha^^

weeew mahal amat dendanya,,, jadi takut juga nih kalau gini, thx infonya yach key,, ^_^

<< mobil blum punya..
<< motor blum ada..

aman.. :D

Wadooh..mahal amat dendanya sob.

@All: Thank's atas semua commentnya

Yah semua emang tergantung hoki.. Kalo emang lagi sial yah kena tilang. Tapi buat jaga-jaga mending buat SIM

serem euy... :(
prnah ditilang wktu zman kul dlu, gara2 lupa bawa SIM, aq kasih z 'salam tempel' eh dtrima jg, kelar sudah urusannya....hehehe ^_^

nice info sahabatku
sangat berguna untukku dan sahabat blogger lainnya...

ah peraturan 'n dendanya selalu berubah-ubah terus.
tp para pengguna kendaraan gak berubah kelakuannya.

wah,, gawat juga neh kalo ga bawa sim.
hha :D

-Marii-

Bike Attachments : What youre saying is completely true.
Dog Crates Article know that everybody must say the same thing,
Job Feed Aggregator just think that you put it in a way that everyone can understand. but Indonesia News Aggregator also love the images you put in here. Aroma Therapy Packs fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say. Diamond Blizz

Kind Regard

Yuniico.com

Best to Download

Post a Comment

Sudah Baca Dan Download,Wajib Comment loch hehehe...!!!